Senin, 18 Mei 2015

Digital Printing dan Percetakan Offset

Umunya orang - orang beranggapan bahwa Digital Printing mempunyai arti yang sama dengan Percetakan Offset. Memang benar Digital Printing dengan Percetakan Offset mempunyai makna yang sama, namun ada beberapa hal yg berbeda. Digital printing hanya bisa mencetak lembaran dengan ukuran sedang hingga kecil sedangkan percetakan offset bisa mencetak dengan lembaran besar (itu cuma anggapan masyarakat). Sekarang banyak usaha digital printing yang menyediakan jasa percetakan spanduk.
Sebenarnya perbedaan digital printing dan percetakan offset terletak pada harga. Harga sangat penting karena menentukan modal yang harus dikeluarkan oleh sebuah badan usaha.
Namun menyetak dengan cara Percetakan Offset harus bermodal tinggi karena Percetakan Offset memerlukan pelat, jenis kertas, paduan warna, ukuran kertas, dan kualitas warna. kita juga membutuhkan pelat yang banyak karena satu pelat mewakili satu huruf atau angka. Jadi semakin banyak pelat yang kita beli semakin besar juga modal yg kita keluarkan.
Dapat dibilang proses percetakan menggunakan Digital Printing lebih mulah dari pada Percetakan Offset, karena di dalam proses Digital Printing tidak memperlukan pelat. Dan patokan harga Digital Printing hanya dari kualitas kertas, jenis kertas, ukuran kertas, serta warna istimewah untuk huruf. Untuk penghematan biaya pengeluaran, digital printing merupakan pilihan yang terbaik terutama bila konsumer hanya mencetak 1000 buah atau kurang. Memang mencetak secara offset lebih cepat daripada mencetak menggunakan cara digital printing. Sedangkan untuk hasil, tidak ada perbedaan yang signifikan untuk hasil percetakan offset dan digital printing.
Kesimpulan dari artikel ini adalah
  • Jika budgetnya kecil, anda harus memilih cara Digital Printing dari pada P[ercetakan Offset karena biayanya terbilang cukup bersahabat
  • Memang Digital Printing hanya bisa mencetak dengan jumlah yang kecil dalam waktu singkat namun berbeda dengan Percetakan Offset, ia bisa menyetak dengan cepat meskipun dalam watu yang terbatas.


Semoga bermnfaat untuk kalian !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar